Two bowls of easy Leek and Potato Soup, ready to enjoy.

Nasi Sushi – Terasa Lebih Baik Dari Awal

Resep Nasi Sushi terbaik sedikit lengket, empuk, dan tidak pernah lembek! Ini adalah basis yang sempurna untuk sushi gulung yang layak untuk restoran, poke bowl, sushi burrito, dan banyak lagi! Kami telah menyertakan petunjuk dan tip langkah demi langkah untuk kompor, Panci Instan, atau penanak nasi.

Mencari lebih banyak resep makanan laut? Cobalah Lobster Roll, Poke Bowl, atau Kepiting Buatan Sendiri yang Mudah!

Mangkuk nasi sushi kayu berisi nasi sushi berbumbu, siap digunakan untuk membuat sushi buatan sendiri.

Mengapa saya menyukai resep ini:

Otentik – Resep ini adalah milik teman Jepang kami yang luar biasa, Maria, yang cukup baik untuk mengundang kami ke rumahnya untuk membuat Sushi! Kami senang belajar tentang budayanya dan menyerap pengetahuannya tentang cara membuat nasi sushi, California Rolls, Tuna Rolls pedas, gulungan tangan Tamaki, dan banyak lagi. Mudah – Hanya beberapa langkah sederhana dan Anda akan membuat nasi sushi seperti profesional! Pastikan untuk mengikuti tips Maria untuk nasi sushi yang mudah. ​​MENYENANGKAN! – Setelah Anda mengetahui cara membuat nasi sushi, Anda dapat menikmati malam membuat sushi bersama teman, atau sekadar membuat keluarga Anda terkesan dengan membuat sushi dari rumah.

Tahukah Anda bahwa Sushi berarti nasi asam karena nasi tersebut dibumbui dengan campuran cuka. Nasi sushi digunakan untuk membuat gulungan sushi, mangkuk sushi atau poki, sushi burrito, sashimi dan nigiri.

Cara membuat Nasi Sushi :

Cuci Beras: Tambahkan beras ke saringan jaring halus dan alirkan di bawah air dengan gerakan memutar, pijat dengan lembut dengan tangan Anda, sampai air menjadi jernih, yang bisa memakan waktu beberapa menit. Sangat penting untuk mencuci beras dengan baik. Tiriskan dengan baik, kibaskan air berlebih dengan lembut. Ini beras yang digunakan Maria.

Nasi untuk sushi dicuci dengan saringan jaring halus dengan mangkuk di bawahnya.

Masak Nasi di atas kompor, panci instan atau di penanak nasi.

Kompor: Tambahkan beras dan air ke dalam panci sedang. Tutup penutupnya dan didihkan dengan api sedang. Setelah air mendidih, kecilkan api (tetap tertutup) dan masak selama 13 menit. Angkat dari api dan istirahatkan selama 10 menit. Panci Instan: Tambahkan air dan nasi ke dalam Panci Instan. Masak dengan tekanan tinggi selama 4 menit, dengan pelepasan alami 10 menit. Penanak Nasi: Tambahkan air dan nasi, lalu gunakan pengaturan nasi putih.

Fluff / Slice Rice: Gunakan dayung plastik datar (penanak nasi sering kali dilengkapi dengan ini), atau spatula silikon, untuk “mengiris” nasi di dalam panci, pada sudut 45 derajat untuk mengembang.

Nasi bulir pendek Jepang dimasak dan duduk di penanak nasi Jepang.

Membuat Cuka Sushi: Untuk bumbu nasi sushi, aduk gula, garam, dan cuka beras menjadi satu. Panaskan campuran selama 20-30 detik dalam microwave, lalu aduk, untuk memastikan gula larut.

Dua gambar menunjukkan bumbu cuka sushi dengan semua bahan ditambahkan, lalu setelahnya dengan gula dan garam yang dilarutkan dalam cuka beras.

Mentransfer nasi panas ke mangkuk: Basahi mangkuk nasi sushi dari kayu, atau mangkuk plastik besar yang dangkal dengan air (agar nasi tidak lengket). Buang kelebihan air. Tambahkan nasi dan lanjutkan “mengiris” nasi pada sudut 45 derajat untuk mengembang dan memisahkan potongan nasi.

Mangkuk kayu basah berisi nasi sushi dan diiris dan didinginkan dengan dayung plastik datar.

Tambahkan Cuka: Saat nasi masih panas, percikkan campuran cuka di atas nasi, dan lanjutkan mengirisnya dengan sudut 45 derajat, sambil mengipasi bersamaan dengan kipas atau piring kertas. Ini membantu mendinginkan nasi agar nasi bersinar dan tidak lembek. Hentikan mengipasi setelah semua campuran cuka dimasukkan.

Bumbu nasi sushi dituangkan di atas nasi bulir pendek Jepang untuk menyiapkan sushi.

Mendinginkan hingga Suhu Kamar: Sangat penting untuk membiarkan nasi mendingin hingga suhu kamar sebelum membuat sushi! Jika nasi menyentuh Nori saat masih hangat, Nori akan mengerut dan menyusut.

Nasi sushi dalam mangkuk kayu datar besar yang didinginkan oleh kipas Jepang.

Cover Rice: Setelah pada suhu kamar, tutupi nasi ketan sushi dengan handuk lembab agar tidak mengering, saat Anda menyiapkan California Roll atau Spicy Tuna Roll.

Nasi sushi siap digunakan untuk membuat sushi, ditutup dengan kain Jepang yang lembab.

Tips Pro untuk Nasi Sushi Sempurna:

Gunakan jenis nasi yang tepat: bulir pendek atau sedang Jepang untuk sushi adalah suatu keharusan! Ini sangat lengket karena memiliki lebih banyak kelembapan. Ini adalah nasi yang digunakan Maria (saya menemukannya dengan mudah di pasar lokal Asia saya), dan nasi sushi ini juga mendapat ulasan bagus di Amazon. Cuci nasi! Nasi sushi tradisional menginstruksikan Anda untuk merendam nasi dalam air selama 20-30 menit sebelum dimasak. Maria melewatkan langkah ini karena merasa tidak perlu, asalkan beras dibilas dengan benar sampai air menjadi jernih. Bilas nasi dengan saringan jaring halus, di atas mangkuk, sehingga Anda dapat melihat apakah air yang keluar keruh atau jernih. Pastikan semua air diserap dari nasi sebelum mengeluarkan nasi dari panci. Nasi basah atau lembek tidak akan berfungsi! Tambahkan campuran cuka saat nasi PANAS! Iris nasi dengan dayung nasi pada sudut 45 derajat untuk mengembang, agar tidak lembek dan mengipasi nasi (piring kertas akan bekerja!) untuk membuatnya bersinar dan sejuk. Untuk nasi sushi asli, tambahkan Kombu. Nasi sushi tradisional dimasak dengan rumput laut yang disebut kombu, karena memberikan rasa umami. Memiliki aroma dan rasa yang khas yang tidak disukai semua orang.

Resep Sushi:

California Roll Gulungan Tuna Pedas

Alat yang Dibutuhkan:

Ikuti saya untuk resep hebat lainnya

resep

Cuci beras*. Tambahkan beras ke saringan jaring halus dan jalankan di bawah air dengan gerakan memutar, untuk mencuci beras. Cuci, pijat perlahan dengan tangan, sampai airnya jernih, ini akan memakan waktu beberapa menit. (Saya suka meletakkan mangkuk di bak cuci saya, untuk menampung air dan dapat melihat apakah air yang turun keruh atau jernih). Sangat penting untuk mencuci beras dengan baik.

Tiriskan dengan baik, kibaskan air berlebih dengan lembut.

Memasak nasi:

Kompor: Tambahkan air dan nasi ke dalam panci. Tutup penutupnya dan didihkan dengan api sedang. Setelah air mendidih, kecilkan api (tetap tertutup) dan masak selama 13 menit. Angkat dari api dan istirahatkan selama 10 menit.

Panci Instan: Tambahkan air dan beras ke Panci Instan. Masak dengan tekanan tinggi selama 5 menit, dengan pelepasan alami 10 menit. Penanak nasi: Tambahkan air dan nasi, lalu masak dengan pengaturan nasi putih.

Buat Cuka Sushi: Sementara itu, buat campuran cuka beras. Aduk gula, garam, dan cuka beras menjadi satu. Panaskan campuran selama 20-30 detik dalam microwave, lalu aduk, untuk memastikan gula larut.

Fluff/Slice Rice: Gunakan dayung plastik datar (penanak nasi sering dilengkapi dengan ini), atau spatula silikon, untuk “mengiris” nasi di dalam panci, pada sudut 45 derajat untuk mengembang. Basahi mangkuk nasi sushi kayu, atau mangkuk atau wadah plastik dangkal besar dengan air (untuk membantu agar nasi tidak lengket). (Tuangkan sisa air ke dalam mangkuk.) Tambahkan nasi dan lanjutkan “mengiris” nasi pada sudut 45 derajat untuk mengembang dan memisahkan potongan nasi.

Tambahkan cuka. Kipas dan Fluff/Slice. Saat nasi masih panas, percikkan campuran cuka di atas nasi, dan lanjutkan mengirisnya dengan sudut 45 derajat, sambil mengipasi bersamaan dengan kipas angin atau menggunakan piring kertas. Ini membantu mendinginkan nasi agar nasi bersinar dan tidak lembek. Hentikan mengipasi setelah semua campuran cuka dimasukkan. Biarkan nasi mendingin tanpa ditutup.

Mendinginkan hingga suhu kamar: Sangat penting untuk membiarkan nasi mendingin hingga suhu kamar sebelum membuat sushi! Jika nasi menyentuh Nori saat masih hangat, Nori akan mengerut dan menyusut.

Setelah pada suhu kamar, tutupi nasi dengan handuk lembab agar tidak mengering, saat Anda menyiapkan sushi.

Hasil: Ini menghasilkan nasi yang cukup untuk sekitar 6 besar (lembar nori penuh), atau 10 gulungan sushi kecil (setengah lembar nori). Beras: Nasi gandum pendek Jepang untuk sushi adalah suatu keharusan! Tolong jangan gunakan beras panjang atau beras instan. Ini adalah nasi yang digunakan Maria (saya menemukannya dengan mudah di pasar lokal Asia saya), tetapi nasi sushi ini juga mendapat ulasan bagus di Amazon. Gula: Maria menggunakan gula tebu organik.
Cuka Beras: Anda mungkin melihat “cuka sushi” di toko, yang sudah ditambahkan garam dan gula, tetapi Maria lebih suka rasa cuka beras biasa dengan campuran gula dan garam.
Mangkuk nasi untuk sushi: Jika Anda serius ingin membuat sushi, ada baiknya membeli mangkuk sushi dari kayu, tetapi mangkuk atau wadah plastik dangkal yang besar bisa digunakan. Pastikan untuk membasahinya sebelum digunakan, agar nasi tidak lengket. Kiat Pro: Cuci beras! Nasi sushi tradisional menginstruksikan Anda untuk merendam nasi dalam air selama 20-30 menit sebelum dimasak. Maria melewatkan langkah ini karena merasa tidak perlu, asalkan beras dibilas dengan benar sampai air menjadi jernih. Bilas nasi dengan saringan jaring halus, di atas mangkuk, sehingga Anda dapat melihat apakah air yang masuk keruh atau jernih. Pastikan semua air terserap dari nasi sebelum mengeluarkan nasi dari panci. Beras basah atau lembek tidak akan berfungsi! Tambahkan campuran cuka saat nasi PANAS! Iris nasi dengan dayung nasi pada sudut 45 derajat untuk mengembangnya, sehingga tidak lembek dan mengipasi nasi (piring kertas bisa digunakan!) Untuk membuatnya bersinar dan dingin. Untuk nasi sushi asli, tambahkan Kombu. Nasi sushi tradisional dimasak dengan rumput laut yang disebut kombu, karena memberikan rasa umami. Memiliki aroma dan rasa yang khas yang tidak disukai semua orang. Resep Sushi: California Rolls Tuna Gulung Pedas

Kalori: 221kkalKarbohidrat: 49gProtein: 4gLemak: 0,3gLemak Jenuh: 0,1gLemak Tak Jenuh Ganda: 0,1gLemak Tak Jenuh Tunggal: 0,1gSodium: 295mgKalium: 43mgFiber: 2gGula: 4gKalsium: 5mgBesi: 2mg

Apakah Anda Membuat Resep Ini?

Tandai @TastesBetterFromScratch di Instagram dengan #TastesBetterFromScratch!

Author: Paul Wilson